Cara Menghitung Jam/Upah kerja Dengan Menggunakan [Microsoft Excel]

Pertama anda harus membuka Microsoft Excel, untuk design terserah anda seerti apa yg penting mudah untuk anda pahami nanti.

Inilah contoh gambar yang akan kita hitung.









Terlebih dahulu tulis Lampiran seperti gambar dibawah ini :

Berikut Step By Stepnya :

1.Cara menghitung lama kerja.












Keterangan :
-lama kerja  : jam masuk-jam keluar             (untuk simbol {=}samadengan untuk menginput rumus
 rumusnya   : =D12-C12                                                        contoh:

2.Cara menghitung waktu lamanya lembur.










Keterangan :
-lama lembur : lama kerja-8/24(jam kerja normal/24jam)
 rumusnya      : =E12-8/24

3.Cara menghitung upah kerja.
Keterangan :
-upah kerja  : upah per jam x 8(jam kerja normal)
  rumusnya   : =G12*8

4.Cara menghitung upah lembur










Keterangan :
-upah lembur : lama lembur x 1.5 x upah per jam x24
  rumusnya     : =F12*1.5*G12*24

5.Cara menghitung total upah.









Keterangan :
-Total upah : upah kerja + upah lembur
 umusnya   : =H12+I12

6.Cara menghitung Total upah kerja keseluruhan(Step terakhir).










Keterangan :
-Total upah keseluruhan : blok atau menjumlah semua total upah
 rumushnya                     : =SUM(J12:J21)

Jika anda ingin menggunakan cara cepat untuk menghitung total upah keseluruhan
berikut adalah contohnya:


















Keterangan :- blok semua total upah seperti garis kotak merah pada gambar di atas
                     - Lalu pilih menu AutoSum dan klik seperti petunjuk pada garis kotak kuning pada                                  gambar di atas
                     - dan SELESAI seperti gambar di bawah ini:


Sekian dari penjelasan cara menghitung jam kerja dan upah kerja dari saya ,kurang lebihnya mohon maaf....Saya Ucapkan Terimakasih           


                                                                                            SEMOGA BERMANFAAT


Komentar

Postingan populer dari blog ini